Kamis, 04 Juli 2024

Tugas Eksplorasi Konsep - Modul 1.2

Tugas Eksplorasi Konsep - Modul 1.2 



Tugas A

Setelah menyimak video dan bacaan mengenai bagaimana manusia tergerak, silakan jawab pertanyaan berikut:

1.    Bagaimana Bapak/Ibu memahami cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh-kembang anak berserta pengaruhnya pada pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup manusia? Mengapa demikian?

2.    Menurut Bapak/Ibu nilai-nilai apa yang perlu dikuatkan sebagai guru penggerak? Mengapa demikian?

 Jawaban

  1. Menurut saya, pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup manusia dilakukan dengan pendekatan terhadap setiap perkembangan anak. Perkembangan psikososial seseorang selalu memperhatikan hal yang positif dan negatif, sedangkan kebutuhan dasar manusia seperti bertahan hidup, kesenangan, kebebasan, kekuasaan dan kasih sayang serta rasa diterima harus ditanamkan dalam diri seseorang. Agar menghasilkan manusia yang luhur, sebagai seorang pendidik dalam membentuk perkembangan anak haruslah dengan cara memberikan pemahaman agar otak manusia dapat mempelajari nilai-nilai kehidupan berdasarkan penilaian dari apa yang dia pelajari.
  2. Dalam memberikan nilai-nilai kehidupan sebaiknya tidak dengan cara memberikan ancaman, karena jika dalam bentuk ancaman maka otak manusia akan langsung meresponnya secara langsung apakah benar itu ancaman atau bukan. Nilai yang perlu dikuatkan dalam diri guru penggerak adalah berpihak pada murid. Dengan penguatan nilai tersebut maka guru penggerak akan dapat dengan mudah dengan mudah mengantarkan murid untuk melakukan pengelolaan diri, kesadaran diri, ketrampilan relasi dan kesadaran sosial

Tugas B

Setelah menyimak materi mengenai bagaimana manusia merdeka bergerak, silakan jawab pertanyaan berikut:

1.    Manakah dari nilai-nilai Guru Penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik?

2.    Tindakan spesifik apa yang dapat dilakukan untuk menguatkan diri Bapak/Ibu sendiri untuk memberdayakan murid dalam memilih jalan kodratnya sekaligus menguatkan tumbuhnya motivasi intrinsik mereka dalam mengejawantahkan Profil Pelajar Pancasila?

 Jawaban

  1. Nilai guru penggerak yang perlu dikuatkan setelah mempelajarti teori pilihan dan motivasi intrinsik adalah berpihak pada murid. Dengan berpihak pada murid kita dapat menyadari bahwa tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Perlu kita sadari bahwa satu-satunya orang yang perilakunya dapat dikendalikan adalah diri kita sendiri sehingga untuk dapat menyelesaikan segala permasalahan perlu adanya kekuatan dari dalam diri. Kekuatan dalam diri inilah yang perlu perlu kita kuatkan sebagai seorang guru penggerak agar dapat mengantarkan keselamatan dan kebahagiaan.
  2. Mengembangkan potensi diri dengan berkolaborasi dengan teman sejawat untuk menyelesaikan permasalahan dalam diri sendiri maupun orang lain, menerima masukan positif yang diberikan, aktif dalam pertemuan komunitas dengan harapan, dalam pembelajaran dapat mewujudkan  suasana belajar dan proses pembelajaran yang menarik dengan tujuan peserta didik dapat mengembangkan dirinya sendiri sesuai dengan potensinya.

 

Tugas C

Setelah menyimak materi mengenai bagaimana menggerakkan manusia, silakan jawab pertanyaan berikut:

1.    Apa kaitan antara diagram identitas gunung es dengan penumbuhan Profil Pelajar Pancasila pada murid dan transformasi pendidikan? 

2.    Apa konsekuensi logis dari diagram identitas gunung es pada peran saya sebagai Guru Penggerak dalam transformasi pendidikan?

 Jawaban

  1. Diagram identitas gunung es menggambarkan pada kita bahwa tidak cukup hanya mempertimbangkan apa yang tampak dipermukaan saja. Gunung es kita ibaratkan bagaimana proses perubahan perilaku dan penumbuhan karakter manusia terjadi. Gunung es yang terlihat di permukaan hanya sebagian kecil (12%) karakter yang terlihat oleh orang lain dan disadari oleh anak, sedangkan (88%) sisanya berada dibawah permukaan dan tidak terlihat oleh orang lain serta belum disadari oleh anak. Sebagai seorang pendidik kita perlu menggali karakter yang tidak terlihat tersebut untuk menggali pola pikir, kepercayaan dan nilai-nilai seorang anak dengan menanamkan karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila yang diantaranya adalah (1) Beriman bertakwa kepada Tuhan YMEdan berakhlak mulia; (2) Berkebinekaan Global; (3) Gotong Royong; (4) Mandiri; (5) Bernalar Kritis; dan (6) Kreatif. Melalui penguatan profil pelajar pancasila pada setiap murid ini diharapkan transformasi pendidikan yang kita harapkan dalam berjalan dengan baik.
  2. Peran Guru Penggeak dalam transformasi pendidikan adalah bagaimana cara menanamkan nilai-nilai karakter pada anak, sehingga setiap anak memiliki perilaku seuai dengan profil pelajar pancasila. Langkah logis yang perlu kita lakukan yang terpenting dalam menumbuhkan karakter yang tidak tidak terlihat agar menjadi pembiasaan adalah dengan pengkondisian dan pembiasaan melalui cara memberikan keteladanan yang konsisten dan menerapkan sistem/aturan yang konsisten.
Penulis : 
Indi Fauzan Adima, S.Pd
SMKS Wicaksana Al Hikmah Sirampog
CGP Angkatan 11 Kab Brebes Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar