Kamis, 31 Oktober 2024

Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya #CGP #Modul 3.2 #Koneksiantarmateri

 

Koneksi Antar Materi

Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya


Pada modul Pemimpin dalam Pengelolaan sumber daya, sebagai seorang pemimpin dalam pembelajaran kita diharapkan mampu mengelola sumber daya atau aset yang ada di lingkungan sekolah. Aset/modal yang dapat kelola antara lain adalah aset manusia, sosial, fisik, alam/lingkungan, finansial, politik, agama dan budaya. Dengan cara pendekatan berbasis aset diharapkan dapat mengembangkan diri dengan kekuatan yang positif. Dengan menggunakan kekuatan positif kita diajak memusatkan perhatian pada apa yang berjalan dengan baik yang menjadi inspirasi dan menjadi kekuatan ataupun potensi yang positif

Pendekatan berbasis aset ini juga digunakan sebagai dasar paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) yang sudah dibahas sebelumnya pada modul 1.3, dimana paradigma IA ini percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan.  Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Dalam implementasinya, IA dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi, sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan

Dalam pemanfaatan di kelas, kita bisa melihat hal positif yang dimiliki oleh siswa sebagai contoh di sekolah saya, siswa berasal dari berbagai wilayah di tanah air dapat kita kelola dengan baik untuk saling mengenal berbagai kultur dan budaya antar siswa sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya kebinekaan. Di lingkungan sekolah, melihat fasilitas yang tersedia kita dapat mengelola fasilitas sekolah untuk membantu kita dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, sebagai contoh pada mata pelajaran saya yakni projek IPAS dapat memanfaatkan lingkungan sekolah untuk mempelajari materi makhluk hidup dan lingkungannya. Masyarakat sekitar dengan berbagai latar belakang pendidikan sosial, dapat dimanfaatkan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan cara melakukan studi kondisi lingkungan sosial dan pendidikan pada materi konektifitas antar ruang dan waktu.

Setelah mempelajari modul tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber daya, saya semakin memahami bahwa dengan berfikir berbasis aset yang ada dalam ekosistem sekolah kita dapat mengelolanya dengan baik agar berdampak pada perubahan yang akan dicita-citakan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar