Kamis, 04 Juli 2024

Tugas Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2


Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Setelah mempelajari paparan materi dalam tahap eksplorasi konsep ini, diharapkan Bapak/Ibu secara individu dapat menguatkan pemahaman dan mempersiapkan diri untuk berkolaborasi dalam kelompok dengan menjawab pertanyaan:

1.    Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

2.    Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.

 

Salah satu Nilai Guru Penggerak yang telah membantu saya dalam melayani murid dengan baik adalah Nilai Mandiri. Nilai mandiri ini selalu saya tanamkan dalam diri sendiri maupun kepada murid, salah satu kalimat Imam Syafi’i yang mendorong saya dalam kemandirian adalah “Jika kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka harus sanggup menahan perihnya kebodohan”. Kalimat tersebut tidak pernah bosan saya sampaikan kepada murid saya, karena dengan belajar kita akan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.Semakin banyak ilmu apapun yang dianggap perlu , maka akan semakin banyak pengalaman yang diperoleh sehingga dapat membuat perubahan dalam diri.

Berikut ini kegiatan sekolah yang merupakan contoh penerapan peran guru penggerak

No

Peran Guru Penggerak

Kegiatan Sekolah

1

pemimpin pembelajaran

a.    Mengikuti program pembiasaan pagi di sekolah sebelum jam pembelajaran dimulai

b.    Membuat sinopsis dari buku yang ada diperpustakaan

2

pendorong kolaborasi

c.    Melaksanakan program pentingnya kebersihan lingkungan sekolah

d.    Membuat mading kelas

3

penggerak komunitas praktisi

e.    Membentuk komunitas belajar

f.     Membentuk MGMP mata pelajaran serumpun di sekolah

4

kepemimpinan murid

g.    Kegiatan OSIS dan ekstrakurikuler

h.    Membentuk pengurus kelas

5

coach bagi rekan guru

i.      Kegiatan berbagi pengalaman dengan rekan sejawat tentang metode dan model pembelajaran

j.      Kegiatan temu kenali solusi permasalahan yang dihadapi oleh guru


Penulis : 

CGP Angkatan 11 Kab Brebes Jawa Tengah 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar