Bapak/Ibu Calon
Guru Penggerak,
Setelah
mempelajari paparan materi dalam tahap eksplorasi konsep ini, diharapkan
Bapak/Ibu secara individu dapat menguatkan pemahaman dan mempersiapkan diri
untuk berkolaborasi dalam kelompok dengan menjawab pertanyaan:
1. Apa yang dapat
saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak
pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu
saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi
singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
2. Apa saja 10
kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh
penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin
pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan
kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk
digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
Salah satu Nilai Guru Penggerak yang telah membantu saya
dalam melayani murid dengan baik adalah Nilai Mandiri. Nilai mandiri ini selalu
saya tanamkan dalam diri sendiri maupun kepada murid, salah satu kalimat Imam
Syafi’i yang mendorong saya dalam kemandirian adalah “Jika kamu tidak sanggup
menahan lelahnya belajar maka harus sanggup menahan perihnya kebodohan”.
Kalimat tersebut tidak pernah bosan saya sampaikan kepada murid saya, karena
dengan belajar kita akan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.Semakin
banyak ilmu apapun yang dianggap perlu , maka akan semakin banyak pengalaman
yang diperoleh sehingga dapat membuat perubahan dalam diri.
Berikut ini kegiatan sekolah yang merupakan contoh
penerapan peran guru penggerak
No |
Peran Guru Penggerak |
Kegiatan Sekolah |
1 |
pemimpin pembelajaran |
a. Mengikuti program pembiasaan pagi di sekolah sebelum
jam pembelajaran dimulai b. Membuat sinopsis dari buku yang ada diperpustakaan |
2 |
pendorong kolaborasi |
c. Melaksanakan program pentingnya kebersihan lingkungan
sekolah d. Membuat mading kelas |
3 |
penggerak komunitas praktisi |
e. Membentuk komunitas belajar f. Membentuk MGMP mata pelajaran serumpun di sekolah |
4 |
kepemimpinan murid |
g. Kegiatan OSIS dan ekstrakurikuler h. Membentuk pengurus kelas |
5 |
coach bagi rekan guru |
i. Kegiatan berbagi pengalaman dengan rekan sejawat
tentang metode dan model pembelajaran j. Kegiatan temu kenali solusi permasalahan yang dihadapi
oleh guru |
CGP Angkatan 11 Kab Brebes Jawa Tengah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar