Demonstrasi
Konstektual - Modul 1.2
Tugas: Membuat gambaran diri sebagai Guru Penggerak di masa depan
Bayangkan
diri Bapak/Ibu sudah lulus program ini dan telah menjalani peran sebagai Guru Penggerak selama 3 tahun.
Pada saat itu, tentunya Bapak/Ibu sudah memiliki kepercayaan diri dan telah
membawakan kegiatan-kegiatan yang mewujudkan nilai dan peran sebagai Guru
Penggerak. Buatlah
kisah narasi tertulis/ presentasi PowerPoint/ poster/ peta pikiran/ video/ audio
sederhana yang dapat
menggambarkan kira-kira apa saja aktivitas Bapak/Ibu sebagai Guru Penggerak baik
dalam keseharian, atau yang terprogram rutin berkesinambungan, maupun yang
sifatnya ad-hoc (khusus). Buatlah sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan
nilai-nilai Guru Penggerak (berpihak pada murid, mandiri, reflektif,
kolaboratif, inovatif) yang Bapak/Ibu telah dihidupi selama 3 tahun
tersebut.
Poin
utama tugas kisah narasi ini adalah pada kedalaman penggambaran detail kegiatan yang
mewujudkan tiap nilai Guru Penggerak. Jangan terjebak pada hiasan, sajian, dan
tampilan saja. Terlampir di bawah adalah rubrik yang dapat membantu Bapak/Ibu
dalam membuat kisah narasi tersebut, juga sebagai petunjuk untuk
penilaian.
Nilai dan Kegiatan Guru Penggerak dimasa depan setelah 3 tahun menjadi Guru Penggerak antara lain
1. Berpihak
pada murid
·
Melakukan pembelajaran yang berpusat pada peserta
didik
·
Melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi
·
Menerapkan gaya pembelajaran yang
memerdekakan peserta didik
· Menghasilkan lulusan sesuai dengan minat dan bakat peserta didik
2. Mandiri
·
Mengikuti berbagai pelatihan mandiri dan
pengembangan keprofesian
·
Mengikuti berbagai kompetisi untuk
meningkatkan kompetensi
·
Mengikuti pengembangan diri di komunitas
belajar sekolah dan MGMP
·
Mengikutsertakan guru dalam kegiatan
pelatihan dan kompetisi
3. Reflektif
·
Memanfaatkan hasil supervisi untuk perbaikan
pembelajaran
·
Memanfaatkan hasil dan saran dari teman
sejawat
·
Konsisten dalam melakukan refleksi setelah
kegiatan pembelajaran
·
Melaksanakan refleksi kerja dwi mingguan
kepada rekan guru dan struktural di lingkungan sekolah
4. Kolaboratif
·
Bekerjasama dengan kepala sekolah, rekan
sejawat, murid dan orang tua dengan baik dalam meningkatkan mutu sekolah
·
Berkolaborasi dengan sesama guru mata
pelajaran dalam menyelesaikan permasalahan capaian pembelajaran maupun model
pembelajaran
·
Menyelenggarakan komunitas belajar secara
konsisten dan berkesinambungan
5. Inovatif
·
Membuat video pembelajaran/artikel dalam
website yang inspiratif dan bermanfaat
·
Merancang model pembelajaran yang variatif
dan inovatif
·
Membuat buku ber ISBN
·
Memberikan kesempatan guru untuk melakukan
inovasi baik dalam pembelajaran maupun pengembangan diri guru
Mengembangkan website Lokersains dari tahun 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar