Senin, 08 Juli 2024

Gambaran diri sebagai Guru Penggerak di masa depan


Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2

Durasi :  4 JP 
Moda : Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus: 
CGP dapat menciptakan gambaran dirinya di masa depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak

Tugas: Membuat gambaran diri sebagai Guru Penggerak di masa depan

Bayangkan diri Bapak/Ibu sudah lulus program ini dan telah menjalani peran sebagai Guru Penggerak selama 3 tahun. Pada saat itu, tentunya Bapak/Ibu sudah memiliki kepercayaan diri dan telah membawakan kegiatan-kegiatan yang mewujudkan nilai dan peran sebagai Guru Penggerak. Buatlah kisah narasi tertulis/ presentasi PowerPoint/ poster/ peta pikiran/ video/ audio sederhana yang dapat menggambarkan kira-kira apa saja aktivitas Bapak/Ibu sebagai Guru Penggerak baik dalam keseharian, atau yang terprogram rutin berkesinambungan, maupun yang sifatnya ad-hoc (khusus). Buatlah sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan nilai-nilai Guru Penggerak (berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif) yang Bapak/Ibu telah dihidupi selama 3 tahun tersebut. 

Poin utama tugas kisah narasi ini adalah pada kedalaman penggambaran detail kegiatan yang mewujudkan tiap nilai Guru Penggerak. Jangan terjebak pada hiasan, sajian, dan tampilan saja. Terlampir di bawah adalah rubrik yang dapat membantu Bapak/Ibu dalam membuat kisah narasi tersebut, juga sebagai petunjuk untuk penilaian. 


Nilai dan Kegiatan Guru Penggerak dimasa depan setelah 3 tahun menjadi Guru Penggerak antara lain

1.    Berpihak pada murid

·           Melakukan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik

·           Melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi

·           Menerapkan gaya pembelajaran yang memerdekakan peserta didik

·           Menghasilkan lulusan sesuai dengan minat dan bakat peserta didik

Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada murid


2.    Mandiri

·           Mengikuti berbagai pelatihan mandiri dan pengembangan keprofesian

·           Mengikuti berbagai kompetisi untuk meningkatkan kompetensi

·           Mengikuti pengembangan diri di komunitas belajar sekolah dan MGMP

·           Mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan dan kompetisi



Mengikuti  pelatihan mandiri secara daring di webminar kemdikbud


3.    Reflektif

·           Memanfaatkan hasil supervisi untuk perbaikan pembelajaran

·           Memanfaatkan hasil dan saran dari teman sejawat

·           Konsisten dalam melakukan refleksi setelah kegiatan pembelajaran

·           Melaksanakan refleksi kerja dwi mingguan kepada rekan guru dan struktural di lingkungan sekolah

Berdiskusi terkait refleksi penyusunan Modul PMM


4.    Kolaboratif

·           Bekerjasama dengan kepala sekolah, rekan sejawat, murid dan orang tua dengan baik dalam meningkatkan mutu sekolah

·           Berkolaborasi dengan sesama guru mata pelajaran dalam menyelesaikan permasalahan capaian pembelajaran maupun model pembelajaran

·           Menyelenggarakan komunitas belajar secara konsisten dan berkesinambungan

Grup Whatsaap Komunitas Belajar Sekolah
Grup Whatsaap Komunitas Belajar Sekolah


Memimping rapat persiapan Job Fair 2023


5.    Inovatif

·           Membuat video pembelajaran/artikel dalam website yang inspiratif dan bermanfaat

·           Merancang model pembelajaran yang variatif dan inovatif

·           Membuat buku ber ISBN

·           Memberikan kesempatan guru untuk melakukan inovasi baik dalam pembelajaran maupun pengembangan diri guru

Mengembangkan website Lokersains dari tahun 2018 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar