Jumat, 25 Mei 2018

Kumpulan Materi Fisika : Hukum-Hukum Keppler

Lokersains.com – Selamat sore sobat loker sains. Kali ini admin akan mencoba memaparkan Hukum-Hukum Keppler. Johanes Keppler merupakan salah seorang yang memiliki perhatian besar terhadap astronomi. Beliau mempelajari astronomi dari penerapan hukum gravitasi Newton yang dapat diterapkan untuk menjelaskan gerak benda-benda angkasa. Beliau terkenal dengan tiga hukumnya tentang pergerakan benda-benda angkasa, yaitu:
Johaner Keppler
Hukum I Kepler
Semua planet bergerak pada lintasan elips mengitari matahari dengan matahari berada di salah satu fokus elips. Hukum I ini dapat menjelaskan akan lintasan planet yang berbentuk elips, namun belum dapat menjelaskan kedudukan planet terhadap matahari, maka muncullah hukum II Kepler.
Hukum Keppler 1
Hukum II Kepler
Suatu garis khayal yang menghubungkan matahari dengan planet, menyapu luas juring yang sama dalam selang waktu yang sama.
hukum keppler 2
Hukum III Kepler

Perbandingan kuadrat periode terhadap pangkat tiga dari setengah sumbu panjang elips adalah sama untuk semua planet. Hukum III Kepler dapat dirumuskan :
hukum keppler 3
          T    =      kala revolusi suatu plenet (s atau tahun)
         R   =      jarak suatu planet ke Matahari (m atau sa)
         Jika diperlukan gunakan nilai-nilai yang telah ditetapkan, yaitu :
         T bumi = 1 tahun
         R bumi = 1 SA ( 1 satuan astronomis = 150 juta km)
Demikian sedikit penjelasan materi tentang Hukum-Hukum Keppler. Semoga Bermanfaat. Sebelum mengakhiri materi ini, jika konten ini bermanfaat, silahkah Share terlebih dahulu.

Baca Juga :

Langkah terakhir, Loker Sains mencoba sedikit membahas contoh-contoh soal tentang hukum-hukum Keppler sebagai berikut, agar sobat bisa lebih memahami materi ini.

Contoh :
1.    Sebuah planet mempunyai kala revolusi terhadap Matahari sebesar 4 tahun. Tentukan jarak planet tersebut terhadap Matahari!
Penyelesaian :
Jika nilai pembanding dari planet lain tidak diketahui, gunakan nilai yang dimiliki 
2.    Jika dua benda mengalami gaya tarik gravitasi 400 N, maka tentukan gaya gravitasinya kini, jika jarak kedua benda dijadikan ½ kali semula!
Penyelesaian :
 
3.    Suatu benda di permukaan planet bumi memiliki berat 2500 N. Tentukan berat benda pada ketinggian 2 kali jari-jari bumi, dihitung dari permukaan bumi!
Penyelesaian :
Jika ada pertanyaan tentang materi ini, silahkan kirim komentar dibawah. Mudah-mudahan loker sains bisa membantu..
Atau jika mau membaca materi yang lainnya silahkan klik DISINI

Terima Kasih

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon