Senin, 13 November 2017

SOAL DAN PEMBAHASAN MEDAN MAGNET (KAWAT LURUS, KAWAT MELINGKAR, SOLENOIDA, TOROIDA)

SOALDAN PEMBAHASAN MEDAN MAGNET 

(KAWAT LURUS, KAWAT MELINGKAR, SOLENOIDA, TOROIDA)



1.         Sebuah kawat lurus panjang dialiri arus listrik sebesar 20 A. Berapakah besar induksi magnetik pada titik yang berjarak 10 cm dari kawat?
Jawaban :

lokersains.com

2.         Diketahui besar induksi magnetik pada titik yang berjarak 5 cm dari suatu kawat panjang berarus adalah 40 T. Berapakah besar arus listrik yang mengalir dalam kawat tersebut?
Jawaban :
lokersains.com

3.         Sebuah kawat cincin yang berjari-jari 4 cm dialiri arus listrik sebesar 4 A. Berapakah besar induksi magnetik pada titik pusat cincin?
Jawaban :
lokersains.com

4.         Sebuah kawat cincin yang berjari-jari 6 cm dialiri arus listrik sebesar 20 A. Berapakah besar induksi magnetik pada sumbu cincin yang berjarak 8 cm dari titik pusat?
Jawaban :
5.         Diketahui besar induksi magnetik pada sumbu cincin yang berjarak 6 cm dari titik pusat adalah 20 Wb/m2. Jika jari-jari cincin adalah 8 cm, maka berapakah besar arus listrik yang mengalir dalam cincin tersebut?
Jawaban :
lokersains.com
6.         Sebuah solenoida dengan rapat 1.000 lilitan/cm dialiri arus listrik 6 A. Berapakah besar induksi magnetik pada  titik pusat solenoida?
Jawaban :
         lokersains.com


7.         Sebuah toroida yang berjari-jari 3 cm  mempunyai jumlah lilitan sebanyak 150 lilitan, dialiri arus listrik sebesar 6 A. Berapakah besar induksi magnetik pada titik pusat toroida?
Jawaban :
        lokersains.com

8.         Sebuah toroida yang dibentuk dari solenoida yang panjangnya 8 cm dengan jumlah lilitan 200 lilitan dan berarus listrik 6 A. Berapakah besar induksi magnetik pada titik pusat toroida tersebut?
Jawaban :
          lokersains.com

9.         Sebuah kawat yang dialiri arus listrik menghasilkan medan magnet sebesar 2 T pada jarak 3 m. Berapa arus listrik yang mengalir pada kawat tersebut?
Jawaban :

10.      Kawat lurus panjang diberi arus listrik sebesar x A. Pada jarak 2 meter, dihasilkan medan magnet sebesar B T. Arus listrik kemudian diubah menjadi 2x A. Pada jarak berapa dihasilkan medan magnet yang sama dengan ketika arus listrik belum diubah?
Jawaban :

11.      Sebuah kawat berbentuk cincin memiliki  diameter 4 cm. Kawat dialiri arus listrik sebesar 3 A. Hitunglah induksi magnetic di pada pusat cincin dan pada jarak 6 cm dari pusat cincin.
Jawaban :

12.      Pada pusat sebuah cincin terdapat medan magnet sebesar 3 x 10-3 T. Jika jari-jari cincin sebesar 4 cm, tentukan arus listrik yang mengalir pada cincin tersebut.
Jawaban :



Jika mau membaca materi atau contoh soal dan pembahasan yang lainnya silahkan klik DISINI




Terima Kasih

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon