Rabu, 09 Mei 2018

KUMPULAN MATERI FISIKA (GELOMBANG DAN SIFAT-SIFATNYA)


https://pixabay.com/id/berlayar-perahu-layar-nelayan-1019436/

Percayakah Anda bahwa manusia tidak dapat hidup tanpa adanya getaran dan gelombang? Mungkin Anda tidak percaya, karena yang mengakibatkan manusia tidak dapat hidup seandainya manusia tanpa makan dan minum atau tanpa oksigen, bukan karena getaran dan gelombang.
Alasan di atas memang benar, tetapi mari kita perhatikan bagaimana sumber makanan ada, air dapat dimasak, mata dapat melihat, telinga dapat mendengar, atau bagaimana tumbuhan dapat melepaskan oksigennya ke udara.Semua kejadian ini memerlukan energi. Energi dapat berubah bentuk atau dapat mengalir ke tempat lain karena  adanya getaran dan gelombang.
Gelombang merupakan peristiwa merambatnya energi akibat getaran lokal partikel atau benda. Getaran lokal adalah partikel atau benda di sebelahnya, demikian seterusnya. Akibat getaran pertama tadi, energi dapat merambat. Energi digunakan untuk berbagai keperluan, contoh telinga dapat mendengar karena sumber bunyi menggetarkan molekul-molekul udara dan terus merambat sehingga molekul-molekul udara di sekitar telinga ikut bergetar dan menggetarkan gendang telinga.
Lalu, syaraf dalam tubuh menyampaikan informasi tentang gelombang tersebut ke dalam otak dan otak kita memprosesnya.
https://pxhere.com/id/photo/465426

Alasan inilah yang mengakibatkan manusia tidak  dapat hidup tanpa adanya gelombang dan getaran. Pada dasarnya, tidak hanya manusia yang memerlukan gelombang dan getaran, namun seluruh makhluk hidup memerlukan getaran dan .. Oleh karena itu, getaran dan gelombang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup 
Pada materi Gelombang ini kita akan mempelajari :
B.     Gelombang Tranversal dan Gelombang Longitudinal
C.     Gelombang Berjalan
D.    Gelombang Stasioner
E.     Energi dan Intensitas Gelombang
F.      Sifat-sifat Umum Gelombang
Demikian materi gelombang, untuk lebih jelasnya silahkan pelajari tiap bagian pada materi ini. Semoga bermanfaat .....

Atau jika mau membaca materi yang lainnya silahkan klik DISINI
Terima Kasih

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon