Rabu, 09 Mei 2018

Materi Fisika : Istilah-Istilah Pada Gelombang

ISTILAH-ISTILAH PADA GELOMBANG





Gelombang merupakan perambatan dari getaran. Dalam perambatannya, gelombang membutuhkan suatu medium. Perambatan gelombang tidak disertai dengan perpindahan tempat permanen dari materi-materi medium perantaranya. Gelombang dalam perambatannya memindahkan energi. Berdasarkan medium perambatannya, gelombang dibagi menjadi dua macam, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik adalah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium. Contoh gelombang mekanik adalah gelombang bunyi, gelombang tali, dan gelombang pegas, dan gelombang permukaan air. Adapun gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dalam perambatannya tidak memerlukan medium.

Beberapa istilah pada gelombang mirip dengan istilah-istilah pada getaran , seperti simpangan, amplitudo, frekuensi dan periode. Berikut ini adalah penjelasan istilah-istilah penting yang berkaitan dengan dengan gerak gelombang.

1.      Panjang Gelombang

Satu gelombang pada tali didefinisikan terdiri atas satu puncak dan satu lembah. Panjang satu puncak dan satu lembah disebut panjang gelombang. Deskripsi grafis mengenai panjang, puncak dan lembah gelombang ditunjukan pada gambar dibawah ini.
Panjang gelombang diwakili oleh jarak antara titik A dan E atau jarak antara titik  B dan F (dua puncak yang berdekatan) atau jarak antara  C dan G (dua lembah yang berdekatan). Sementara itu, lengkungan ABC atau EFG disebut puncak gelombang dan lengkungan CDE dan GHI disebut lembah gelombang.
www.lokersains.com

2.      Periode dan Frekuensi Gelombang


Periode gelombang adalah waktu yang diperlukan untuk menempuh satu panjang gelombang.
Frekuensi Gelombang adalah jumlah gelombang yang melewati suatu titik tiap sekon.
Hubungan antara frekuensi dan periode dinyatakan sebagai berikut :



Dimana :
F = frekuensi (Hz)
T = periode (sekon atau detik)

3.      Cepat Rambat Gelombang

Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh gelombang dalam satu sekon. Pada gelombang, dalam periode T, jarak tempuhnya sama dengan panjang gelombangnya (λ), sehingga cepat rambat gelombangnya memenuhi persamaan berikut ini :

Dimana :
V = cepat rambat gelombang (m/s)
λ = panjang gelombang (m)

kecepatan rambat gelombang bergantung pada karakteristik medium yang dilaluinya. Sebagai contoh, kecepatan gelombang pada tali bergantung pada gaya tegangan tali (FT) dan massa per satuan panjang tali, yaitu   .
Untuk amplitudo kecil, hubungannya diberikan oleh persamaan berikut :

4.      Simpangan dan Amplitudo Gelombang

Simpangan gelombang adalah jarak partikel yang dilalui gelombang ke ttik setimbang. Amplitudo adalah simpangan maksimum. Pada gambar dibawah amplituod diwakili oleh panjang  BB’, DD’, atau FF’
www.lokersains.com
            









Demikian sobat lokersains, Kumpulan Materi Fisika Istilah-Istilah pada Gelombang, untuk lebih memahami silahkan pelajari materi gelombang tranversal dan gelombang longitudinal.
Semoga bermanfaat.

Atau jika mau membaca materi yang lainnya silahkan klik DISINI
Terima Kasih

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon