Kamis, 01 Desember 2016

Analisis Dimensi Itu Mudah!!!

Selamat Pagi Sobat Lokersains , Kali ini saya akan mencoba menjelaskan Dimensi dalam Fisika. Dimensi sendiri memiliki definisi cara suatu besaran tersusun atas besaran-besaran pokoknya. Pemahaman sederhananya adalah jika kita melihat dimensi suatu besaran maka kita akan tahu bahwa ternya besaran tersebut tersusun dari besaran pokok ini dan itu dan sebagainya.
Manfaat kita mempelajari Dimensi adalah sebagai berikut (1) Kita akan menjadi tahu suatu besaran tersusun dari besaran pokok; (2) Menunjukan kesetaraan suatu besaran dengan besaran lain.

Untuk dapat memahami cara menyusun dimensi, kita harus paham dan hafal Satuan Internasional (SI) dan Dimensinya, ada tujuh besaran pokok yang berdimensi, sedangkan dua besaran pokok tambahan tidak berdimensi. Cara penulisan dimensi dari suatu besaran dinyatakan dengan lambang huruf tertentu dan diberi tanda kurung persegi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan Tabel berikut!



Berdasarkan Tabel diatas, Anda dapat mencari dimensi suatu besaran yang lain dengan cara mengerjakan seperti pada perhitungan biasa. Untuk penulisan perkalian pada dimensi, biasa ditulis dengan tanda pangkat positif dan untuk pembagian biasa ditulis dengan tanda pangkat negatif.

Baca Juga : Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Baca Juga : Conto Soal Fisika Besaran dan Satuan
Dimensi mempunyai dua kegunaan, yaitu untuk menentukan satuan dari suatu besaran turunan dengan cara analisis dimensional dan menunjukkan kesetaraan beberapa besaran yang sepintas tampak berbeda.

1. Analisis Dimensional
        Analisis dimensional adalah suatu cara untuk menentukan satuan dari suatu besaran turunan,           dengan cara memerhatikan dimensi besaran tersebut. Perhatikan contoh dibawah ini.
Analisis Dimensi


2. Menunjukkan Kesetaraan Beberapa Besaran
         Selain digunakan untuk mencari satuan, dimensi juga dapat digunakan untuk menunjukkan             kesetaraan beberapa besaran yang terlihat berbeda.
lokersains.com

Materi Selanjutnya : Pengukuran Panjang, Massa, dan Waktu

Demikian sobat Loker Sains materi tentang analisis dimensi, jika ada pertanyaan silahkan ajukan pada kolom komentar.

Demikian sedikit penjelasan tentang materi ini, jika mau membaca materi yang lainnya silahkan klik DISINI


Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar