Saturday, August 4, 2018

Materi Fisika Momen Gaya dan Momen Inersia : Rotasi Benda Tegar - Terbaru

Materi Fisika Rotasi Benda Tegar :

Momen Gaya dan Momen Inersia 


Lokersains.com - Tahukah kalian bahwa gerak benda ada berbagai jenis? Ada gerak lurus, Ada getaran, ada juga gerak melingkar atau gerak rotasi. Pada kesempatan ini, admin akan mencoba menjelaskan materi tentang Rotasi Benda Tegar. Gerak rotasi sama halnya dengan gerak melingkar, yakni gerak yang melewati porosnya. Adakah yang bisa menyebutkan contoh gerak rotasi??? Sangat mudah, contoh gerak rotasi adalah orang yang membuka pintu, gerak rotasi bumi, gerak roda dan sebagainya.


Bagaimana sebuah benda dapat berotasi? Besaran apakah yang mempengaruhinya? Bagaimana percepatannya? Bagaimana energinya? dan bagaimana momentumnya? itulah pertanyaan-pertanyaan yang akan terjawab ketika anda selesai membaca Materi Fisika Momen Gaya dan Momen Inersia ini.

Karena setelah membaca tulisan ini, diharapkan pembaca dapat memahami :
1. Menentukan momen gaya dan momen inersia suatu benda yang berotasi
2. menentukan syarat-syarat benda yang seimbang berotasi
3. menentukan percepatan benda yang berotasi
4. menentukan energi kinetik rotasi dan momentum sudut

Momen Gaya

Momen gaya adalah besaran yang dapat menyebabkan benda berotasi. Contohnya mari kita amati roda yang berputar, membuka atau menutup pintu atau permainan roda putar pada kegiatan pasar malam. Jadi momen gaya adalah besaran yang dipengaruhi oleh gaya dan lengan. Sedangkan Besarnya Momen Gaya didefiniskan sebagai hasil kali antara gaya yang bekerja dengan lengan yang Saling Tegak Lurus. Lalu bagaimana jika gaya yang dikerjakan membentuk sebuah sudut?? Maka besarnya momen gaya dapat dirumuskan :
Rotasi Benda Tegar Lokersains.com
Arah Torsi dan Arah Rotasi
Rotasi Benda Tegar Lokersains.com
Kaidah Tangan Kanan
Rotasi Benda Tegar Lokersains.com
Rumus Momen Gaya

MOMEN INERSIA

Pada gerak rotasi, kalian dikenalkan besaran baru yakni momen inersia? Apa itu momen inersia?.
Inersia berarti lembam atau mempertahankan diri. Momen Inersia merupakan besaran yang nilainya tetap pada suatu gerak rotasi. Besaran momen inersia analog dengan massa pada gerak translasi atau lurus.
Besarnya momen inersia sebuah partikel yang berotasi dengan jari-jari sebesar R seperti gambar dibawah didefiniskan sebagai hasil kali massa dengan kuadrat jari-jarinya.
Rotasi Benda Tegar Lokersains.com
Sebuah partikel berotasi pada sumbunya

Dari definisi besarnya momen inersia diatas, maka berlaku persamaan :


Rotasi Benda Tegar Lokersains.com
Rumus Momen Inersia
Untuk sistem partikel atau benda tegar memenuhi hubungan berikut :

Momen gaya dan Momen Inersia Lokersains.com
Rumus Sistem Partikel dan Benda Tegar

k adalah nilai konstanta inersia yang besarnya bergantung pada suhu dan bentuk bendanya. Perhatikan gambar berikut ini :

Momen gaya dan Momen Inersia Lokersains.com
Konstanta Inersia

Demikian, sedikit tentang Materi Fisika Rotasi Benda Tegar : Momen Gaya dan Momen Inersia  yang admin coba bagikan, mudah-mudahan bermanfaat. 



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon