Selasa, 31 Januari 2017

Tumbukan


Tumbukan


Selamat sore Sobat Lokersains,
Pada materi sebelumnya, lokersains telah membagikan materi tentang Momentum, Impuls, dan
Kali ini Lokersains coba menerangkan tentang tumbukan, apa itu Tumbukan?
Tumbukan dibedakan menjadi 3 yakni :

1.      Tumbukan elastis
Tumbukan elastis terjadi antara dua benda atau lebih yang energi kinetiknya tidak ada yang hilang dan momentum linear total tetap. Contoh  suatu tumbukan elastis yaitu apabila dua bola di atas sebuah meja menumbuk satu sama lain. Jumlah momentum bola sebelum bertumbukan sama dengan momentum setelah bertumbukan. Selain itu juga, jumlah energi kinetik bola sebelum kontak sama dengan jumlahnya setelah kontak.
            Pada tumbukan elastis  berlaku momentum kekal, dan energi kinetik kekal.
2.      Tumbukan tidak elastis
Tumbukan tidak elastis terjadi antara dua benda atau lebih yang energi kinetiknya hilang, karena transformasi menjadi panas, bunyi, dan lain-lain. Momentum benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah konstan. Tumbukan benar-benar tidak elastis jika partikel-partikel yang bertabrakan menempel bersama-sama setelah terjadi tumbukan.
Suatu contoh yang baik mengenai tumbukan tidak elastis adalah dua mobil yang bertabrakan pada kecepatan tinggi. Energi yang berkaitan dengan energi kinetik kedua mobil diubah menjadi bentuk panas yang lain dan bunyi  sebagaimana kereta bertabrakan. Tabrakan yang menghancurkan dua buah mobil yang bertumbukan mempunyai momentum yang sama dengan jumlah momentum mobil-mobil sebelum bertabrakan, dengan menganggap tidak ada gesekan dengan tanah. Kecepatan benda-benda sesudah tumbukan adalah sama.
            Pada tumbukan tidak elastis berlaku momentum kekal dan energi kinetik tidak kekal.

3.      Tumbukan elastis sebagian
Tumbukan elastis sebagian terjadi antara dua benda atau lebih yang sebagian energi kinetiknya hilang, karena berubah menjadi panas, bunyi dan lain-lain. Momentum benda sebelum dan sesudah tumbukan adalah konstan. Tumbukan elastis sebagian jika partikel-partikel yang bertabrakan tidak menempel bersama-sama setelah terjadi tumbukan.

            Pada tumbukan elastis sebagian berlaku momentum kekal, dan energi kinetik tidak kekal.


Demikian materi tentang momentum, impuls dan tumbukan. untuk selanjutnya yaitu Koefisien Restitusi. Apa itu Koefisien Restitusi?

Mudah-mudahan bermanfaat, Jangan lupa like, komentar, dan berlangganan yah ......

Demikian sedikit penjelasan tentang materi ini, jika mau membaca materi yang lainnya silahkan klik DISINI
Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar